Search This Blog

Monday, August 22, 2011

Linimasa Pekan Ini Milik Merah Putih

rahadian p. paramita kemarin
 

Pekan ini, ketiga di bulan Agustus 2011, bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66. Linimasa pun penuh dengan tren tentang topik ini. Setelah pekan lalu jajaran tren tampak sedikit stagnan dengan dominasi topik seputar bulan puasa, pekan ini kita mendapat sedikit pencerahan. Semangat kemerdekaan yang tampak di linimasa, sedikitnya membangkitkan kembali rasa nasionalisme, meski hanya di ranah digital.

Dari sepuluh tren teratas pekan ini, empat di antaranya bertemakan HUT Kemerdekaan. Dua di antaranya bahkan memuncaki tren Twitter pekan ini, yaitu tagar #17an dengan skor 1.941 dari 40.210 twit, dan tagar #merdeka dengan skor 1.680 dari 30.859 twit. Tagar #17an yang juga diumumkan sebagai tagar untuk mengerek bendera melalui situs 17an.org, akhirnya berhasil mencapai target 1.781.945 twit bahkan sebelum lewat siang.

Sedangkan kata kunci 'birthday indonesia'  dengan skor 508 dari 17.235 twit, serta independence day dengan skor 472 dari 14.787 twit, masing-masing hanya menempati urutan ke delapan dan sepuluh. Kedua kata kunci banyak disumbang oleh selebriti dunia yang turut meramaikan HUT Kemerdekaan kita ini. Lihat topik: HUT RI-66 dan #17an.

Topik berikutnya yang mendominasi adalah seputar bulan puasa. Kata kunci bukber menempati posisi ketiga paling tren, mendapat skor 1.326 dari 36.647 twit, masih lebih tinggi daripada #sawityowit  yang hampir setiap hari mengisi jajaran tren Twitter di salingsilang.com. Tagar #sawityowit yang dikomandani @, hanya menempati posisi keenam, mendapat skor 554 dari 15.446 twit pekan ini. Kata kunci buber turut mewarnai jajaran tren, dengan skor 525 dari 23.164 twit.

Bukber atau buber adalah singkatan dari buka bersama, ritual paling ditunggu di setiap bulan puasa. Pada saat itu, netizen akan bersama-sama berkumpul di satu tempat, lalu berbuka bersama, bisa dengan teman kantor, temak sekolah, atau teman kuliah. Bahkan ada yang menggabungkannya dengan acara reuni sekolahan, atau kegiatan sosial.
Kata kunci heello dengan skor 1.174 dari 44.381 menempati posisi ke keempat. Heello, situs jejaring sosial baru buatan pendiri TwitPic yang sangat mirip Twitter ini ternyata mendapat perhatian pengicau Indonesia. Dibandingkan dengan Google+ yang juga baru diluncurkan, Heello ternyata cukup lama bertengger di jajaran tren, sementara Google+ hanya sebentar mencicipi jajaran tren Twitter di salingsilang.com. Beberapa artikel yang menjelaskan tentang Heello, bisa dilhat di sini.

Topik lain yang hangat pekan ini adalah permainan memplesetkan judul film, dengan menggunakan kata 'voldemort'. Campuran kata kunci voldemort #replacemovienameswithvoldemort  (skor 658 dari 1.458 twit) dan tagar #replacemovienameswithvoldemort (skor 506 dari 7.128 twit ) masing-masing menempati posisi kelima dan sembilan di jajaran tren Twitter pekan ini. Ulasan selengkapnya bisa dilihat di sini.
Berikut adalah grafik Tren Twitter Pekan Ini dari salingsilang.com, hingga Sabtu siang, 20 Agustus 2011.

*Foto milik m1qbal via kufoto.com
http://salingsilang.com/headline/artikel/linimasa-pekan-ini-milik-merah-putih

No comments:

Post a Comment