Indonesia.
Empat dari lima kegiatan teratas berasal dari berbagai hal yang
dilakukan lewat situs-situs media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa
orang Indonesia gemar bercakap-cakap dan berinteraksi di media sosial.
Malaysia. E-mail masih menjadi hal yang
paling sering dilakukan negara yang terkenal lewat perusahaan minyaknya
ini. Berita dan pemanfaatan situs pencari menunjukkan bahwa rasa ingin
tahu masyarakat Malaysia cukup tinggi.
Filipina. Sama seperti Malaysia, e-mail
masih menjadi aktivitas utama negara asal penyanyi Christian Bautista
ini. Penggunaan fasilitas-fasilitas media sosial masih lebih tinggi
dibanding kegiatan membaca berita dan bercakap-cakap lewat pesan instan.
Singapura. Penggunaan e-mail masih menjadi
kegiatan utama di negara yang menjadi pusat perdagangan Asia Tenggara
ini. Dominasi pemanfaatan situs pencari dan berita menunjukkan bahwa
negara yang merupakan salah satu tujuan studi masyarakat Indonesia ini
memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi.
Thailand. Seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura, penggunaan e-mail
masih menjadi kegiatan utama masyarakat negeri Gajah Putih ini di dunia
maya. Namun, ada sebuah hal unik yang membedakan Thailand dibanding
negara Asia tenggara lainnya. Adalah kegemaran masyarakatnya akan
berkomentar dan berdiskusi tentang produk dan brand. Mungkin inilah salah satu alasan bahwa produk-produk replika (KW) asal Thailand punya kualitas tinggi.
Vietnam. Membaca berita dan memanfaatkan situs
pencari adalah kegiatan utama masyarakat Vietnam dalam berselancar di
dunia maya. Namun, hal ini tidak menunjukkan masyarakat Vietnam yang
selalu serius. Bermain game online dan mendengarkan musik secara online juga menunjukkan bahwa negeri komunis ini juga menikmati fasilitas hiburan yang tersedia di internet.
No comments:
Post a Comment