Search This Blog

Tuesday, January 31, 2012

Bagaimana twitter Mengubah Dunia PR

Hadirnya Facebook dan Twitter mampu mengubah pandangan tentang Public Relations.  Bagaimana Twitter,  media micro-blogging dengan keterbatasan 140 karakternya bisa efektif digunakan untuk aktivitas public relations? Berikut bahasannya.

Sejak kehadirannya,  social media dianggap sebagai kompetitor bagi teknik-teknik PR konvensional. Hingga, para social media analis sempat memprediksi bahwa dunia PR sudah mati yang kemudian disanggah dengan pendapat bahwa sebenarnya social media tak cocok untuk hal-hal  ke-PR-an. Seakan PR konvensional bermusuhan dengan PR berbasis Social Media. 

Lalu muncullah Twitter. Yang seiring dengan pupularitasnya, bisa mengurangi “jarak” antara social media dan dunia PR. Dan kini, kita bisa mendengar ribuan cerita tentang keberhasilan PR melalui Twitter. Hingga kini Twitter dikenal luas sebagai teknik PR terbaik di era Web 2.0.

PR konvensional mati?
Lalu apakah PR konvensional sudah mati? Tentu saja tidak! Twitter adalah cara yang mengagumkan dalam menambah kemampuan PR organisasi Anda. Twitter bukanlah alat untuk menggantikan teknik PR yang sudah ada tapi melainkan alat bantu untuk memperluas daya sebar “pesan” ke audience yang lebih luas. Anda bisa mentweet press release tentang sebuah acara untuk organisasi Anda dan bisa Anda lihat bagaimana ia menyebar di Twitterverse.

Nilai tambah Twitter
Memiliki layanan yang baik sangatlah penting bagi sebuah organisasi untuk mendapatkan publikasi yang baik. Untuk hal itu Twitter memiliki kelebihan yang belum bisa tertandingi berkaitan dengan kemampuan layanan instan dan real-time. Pertanyaan bisa langsung dijawab dan pesan bisa tersebar dengan sangat cepat. Banyak perusahaan sudah menyadari bahwa Twitter tidak hanya alat yang baik untuk membantu kebutuhan marketing tapi juga media yang unik untuk membantu kebutuhan customer service, yang akhirnya bisa mengarahkan pada pencapaian reputasi yang baik di masyarakat dan ke-PR-an yang kuat.

Twitter juga tempat yang tepat untuk memonitor reputasi brand Anda di dunia online. Anda akan bisa mengetahui apa yang dibicarakan oleh orang-orang tentang brand Anda. Andapun bisa mencari orang-orang yang memiliki potensi bakal menyukai brand Anda. Bahkan dengan menggunakan fungsi advanced search yang dimiliki Twitter serta beberapa produk pihak ketiga, Anda bisa menetapkan apakah brand Anda kehilangan daya tarik diantara para pengguna dan dengan itu Anda bisa melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk segera memperbaikinya.

Dunia PR berkembang dengan pengetahuan, dan ini bisa didapat dengan mudah pada Twitter. Begitu Anda memfollow dan beinteraksi dengan banyak orang, Anda akan mendapatkan pengetahuan. Anda bisa menjadi rekan, sebagai kompetitor ataupun klien, mengikuti mereka di Twitter menjadi sebuah langkah yang masuk akal mengingat Anda akan bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang opini mereka.

Twitter tidak pernah “tidur” karena akan selalu terjadi sesi berbagi ataupun percakapan selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tentunya dengan orang-orang yang berpengetahuan banyak dan juga bijaksana, jadi tidak ada ruginya jika kita ikut mengambil manfaat dari kehadiran Twitter ini. (http://kenapaharuspr.com)

No comments:

Post a Comment