Search This Blog

Thursday, February 9, 2012

Pertarungan Mobile Platform di 2012

Pertumbuhan media sosial salah satunya didukung oleh penggunaan peranti mobile seperti ponsel, notebook, dan tablet. Seiring dengan ramainya media sosial pada tahun 2011, mobile platform juga mengalami peningkatan cukup signifikan. Android tercatat mengalami pertumbuhan masif dan booming pada tahun lalu. Di Spanyol, platform ini naik dari 17% menjadi 47%, sementara di Peru mengalami kenaikan dari 6% menjadi 45%.

Hal yang sama berlaku di Inggris. Platform Android meningkat 10%, sebaliknya Nokia menurun 2% dan Blackberry juga turun 7%. Perusahaan iCrossing mendata 15 negara di dunia yang memiliki pertumbuhan mobile platform seperti terlihat dalam infografik di bawah. Ternyata platform BlackBerry hanya kuat di Amerika Serikat dan Inggris. Namun platform ini mengalami penurunan pangsa pasar hingga 26% dalam kurun waktu 12 bulan di Amerika Serikat. Sebaliknya, platform Apple (iOS) mengalami kenaikan 9% dan Android 15%.
Mobile market
Pangsa pasar Android terkuat saat ini adalah Korea Selatan, yakni sebesar 90%. Tak mengherankan karena Samsung merupakan vendor paling besar di Korea Selatan yang mengembangkan ponsel berbasis Android. Bahkan ponsel Samsung Galaxy S II menguasai 25% dari pasar smartphone yang ada di negeri ginseng.

Sementara itu, sistem Symbian OS milik Nokia tetap merajai di negara-negara emerging market seperti India dan Brazil, termasuk Indonesia. Meski Symbian mengalami penurunan 8% di Brazil dan 6% di India pada tahun lalu, platform ini tetap kuat. Sebaliknya, platform Apple iOS memiliki pangsa pasar kuat hingga 73% di Australia.

Menurut data statcounter dari Januari 2011 - Januari 2012, pangsa pasar di Indonesia untuk Symbian OS 64,7%, Android 9,01%, Apple iOS 1,36%, dan platform lain 21,15%.    
MobileOS di Indonesia
http://salingsilang.com/baca/pertarungan-mobile-platform-di-2012

No comments:

Post a Comment