Search This Blog

Thursday, March 22, 2012

Demografi dari Pengguna Media Sosial

Media sosial memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sosial masa kini. Merebaknya aneka situs penyedia layanan yang bisa mengkoneksikan orang-per-orang dari berbagai penjuru negara merupakan daya tarik tersendiri. Situs dominan seperti Facebook, Twitter, dan Google+, sampai Pinterest, LinkedIn, Digg, dan Reddit yang tidak bisa dianggap remeh pun sekarang sudah memiliki pengguna yang tidak sedikit.

Jika diakumulasikan, ada lebih dari satu milyar orang yang terdaftar sebagai anggota dari berbagai situs media tersebut. Sebanyak lebih dari 66% orang dewasa diantaranya tercatat terhubung ke satu atau lebih platform media sosial. 

Seperti dikutip dari spiral16.com pada Kamis (15/3/2012) ini, onlinemba mencoba memaparkan melalui infografik demografi pengguna media sosial berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan dan pendapatan rumah tangga.
A Case Study in Social Media Demographics
Beberapa fakta yang tersaji adalah:
- Dari 127 juta pengguna aktif Twitter, 36% diantaranya setidaknya nge-tweet sekali per hari, dengan waktu kunjungan rata-rata 11:50 menit.
- Facebook sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak (845 juta) diakses oleh rata-rata 200 juta pengguna melalui perangkat mobile per harinya.
- Pinterest tercatat sebagai situs sosial yang paling disukai oleh perempuan, karena 82% penggunanya adalah perempuan. Bandingkan dengan Twitter yang 57%, Facebook 57%, dan Google+ yang hanya 29%.
- Sementara LinkedIn tercatat sebagai media sosial dengan penggunanya yang memiliki tingkatan pendidikan paling tinggi diantara yang lain. Setidaknya sekitar 50% user LinkedIn berstatus sarjana berbanding 24% pengguna Facebook dan Twitter.
- Alasan terbanyak menggunakan media sosial adalah untuk menjaga agar tetap terhubung dengan teman (67%), tetap terhubung dengan keluarga (64%), dan tetap terhubung dengan teman lama (50%).
Sumber gambar: idaconcpts.com     
Sumber infografik: onlinemba.com
http://salingsilang.com/baca/demografi-dari-pengguna-media-sosial

No comments:

Post a Comment