Pesatnya dunia internet dan mobile
dewasa ini telah mengubah perilaku konsumen di Indonesia. Pasar semakin
dekat dengan dunia digital, demikian halnya konsumen saling terhubung
satu sama lain. Media mengalami perubahan yang drastis dengan munculnya
media-media online baru seperti website, social media, blog, dan
lain-lain. Saat ini tercatat Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar
kedua di dunia dan sebagai negara teraktif ketiga di Twitter, tentu ini
merupakan potensi besar tentang pemanfaatan media sosial, dari
kepentingan bisnis hingga komunitas.
Kehadiran social media (socmed) membawa
warna baru bagi dunia pemasaran. Social media seperti Facebook, Twitter,
Linked , Google+, FourSquare, Youtube adalah channel murah meriah alias
gratis yang digunakan para marketer dan pebisnis saat ini baik untuk menciptakan awareness, sales maupun brand image.
Pertanyaannya benarkah socmed bisa
menciptakan awareness, brand image dan sales? Bisa, jika digunakan
dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara memanfaatkan dan
memaksimalkan socmed? Para marketer tentunya harus mempersiapkan segala
halnya. Langkah pertama adalah melakukan riset baik online maupun
offline ini berguna untuk mengukur sebarapa kuat merek tersebut.
Kemudian developlah strategi dan channel-channel yang akan digunakan,
misal mendevelop facebook fans page, twitter atau youtube.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan
adalah mendevelop konten dan tools di social media tersebut. Konten
adalah perkara utama untuk bisa membrandingkan merek. Toolsnya pun
dibuatkan seperti aplikasi interaktif di fans page facebook, games
interaktif, dan microsite.
Setelah strategi dan channel ditentukan,
konten dipersiapkan, tools dikembangkan langkah berikut adalah
memaintenance dan memonitoring socmed tersebut. Siapkan orang khusus
untuk pekerjaan ini atau bisa juga menggunakan pihak ketiga. Saat ini
perusahaan yang bergerak di digital marketing sudah mulai
bermunculan,salah satunya DigitalOne yang memposisikan brand-nya di
strategic digital marketing.
Jangan lupa buatkan program/event
digital seperti kuis-kuis interaktif, games dan lain-lain sehingga
penciptaan awereness, brand image maupun sales dapat berjalan dengan
mulus.
Terakhir, adalah pengukuran. Lakukan
pengukurannya secara bertahap, ini sangat berguna untuk mengetahui
seberapa efektifkah tools socmed yang dibuat dan untuk mengetahui respon
terhadap brand tersebut, sehingga mendapatkan result yang diharapkan.
Berbagai alat pengukuran yang bisa marketer gunakan seperti
mediawave.biz, tweetreach.com, twettgrader.com, alexa.com dan yang
sejenisnya.
Melalui pengukuran yang bersifat terus
menerus, perusahaan mampu melacak pergerakan naik dan turunnya kekuatan
sebuah merek. Konsumen yang memberikan positive mention, adalah konsumen
yang puas dan loyal. Itulah sebabnya, mereka dengan suka rela,
memberikan efek viral yang positif buat merek tersebut. Be digital marketer!
http://duniadigital.marketing.co.id/2011/09/27/social-media-ciptakan-awareness-brand-image-dan-sales/
No comments:
Post a Comment