Search This Blog

Tuesday, April 17, 2012

Infografik: Pengguna Twitter ‘Hanya’ 8 Persen

Situs blogmikro Twitter memang menjadi salah satu primadona dalam berjejaring sosial saat ini. Bahkan karena tingkat kepopuleran dan banyaknya orang yang menggunakannya, terutama kaum muda, menjadikan para pengguna Twitter ini termasuk dalam sebutan #GenerasiNunduk. Sebutan yang diilhami dari kebiasaan mereka yang sering meng-update kicauan maupun status Facebook-nya lewat mobile phone. Amerika Serikat (AS) sebagai negara asal situs milik Jack Dorsey itu tercatat sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak di seluruh dunia. Namun demikian, diperkirakan pengguna Twitter di AS hanya sekitar 8%.

Fakta tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Buy Real Marketing, seperti dikutip dari buyrealfollowers.com, Senin (16/4). Dengan mengecualikan para bayi, orang tua, dan kaum relijius yang menepikan penggunaan teknologi internet, didapati estimasi ‘hanya’ sebesar 8% pengguna internet di AS yang benar-benar menggunakan Twitter. Hal ini sejalan dengan polling yang dilakukan oleh ABC News dan Washington Post yang hasilnya mengatakan bahwa Twitter tidak cukup baik.

Dalam penelitian yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk infografik tersebut juga dipaparkan beberapa fakta lain seputar penggunaan Twitter di AS. Pengguna Twitter terbanyak datang dari kalangan berusia 18-29 tahun, dengan presentase perempuan sebagai yang terbanyak dibanding laki-laki. Alasan menggunakan Twitter paling banyak adalah, agar bisa tetap berhubungan dengan teman-teman yang lain dimana pun mereka berada. Sementara itu, mengenai bagaimana cara memanfaatkan Twitter kebanyakan didasari oleh keinginan untuk nge-tweet tentang kejadian personal terbaru yang dialami (72%).
Indonesia yang menempati peringkat kelima tertinggi dalam hal pengguna Twitter sebenarnya juga menarik jika data dan faktanya ditampilkan dalam bentuk infografik (maupun videografik) seperti halnya di atas. Selain akan berguna untuk mengetahui demografi pengguna Twitter di Tanah Air.

Sumber gambar dan infografik: buyrealfollowers.com
http://salingsilang.com/baca/infografik-pengguna-twitter-hanya-8-persen

No comments:

Post a Comment