Search This Blog

Monday, June 18, 2012

Persaingan Google+ dan Facebook Meraih Jumlah Login


Facebook Login Q1 Situs jejaring sosial Google+ mungkin belum bisa mengungguli Facebook atau Twitter dalam jumlah pengguna. Namun demikian, situs milik Google ini terus berkembang dengan sejumlah penambahan fitur baru. Salah satu yang dilakukan oleh Google untuk menambah trafik pengunjung dan pengguna adalah dengan memanfaatkan fitur “social login” atau login sosial.
Fitur ini berupa cara orang menggunakan kredensial login mereka untuk masuk ke satu situs dan pindah ke situs lainnya. Google membuat kartu identitas internet buat pengguna layanannya sehingga mempercepat proses pembuatan sebuah profil baru di Google+.
Cara yang sama sebenarnya dilakukan Facebook. Bedanya, Facebook melakukannya dengan memanfaatkan layanan lain seperti Pinterest dan Spotify. Pada kedua layanan ini, para penggunanya menggunakan login sosial untuk mengakses Facebook.
Sementara itu, Google yang memiliki banyak layanan internal seperti Gmail, YouTube, atau Search seharusnya lebih mudah untuk meraup lebih banyak pengguna. Namun sampai Q1 2012, Facebook masih unggul atas Google+ dalam pemanfaatan login sosial dengan perbandingan 45% : 31%.
Social Login
Infografik dari Janrain tersebut menunjukkan komparasi antara persentase login di Facebook, Google+, Yahoo!, Twitter,  Windows Live, dan LinkedIn. Di dalam infografik tersebut juga disebutkan mengenai tren login dari peranti mobile yang kian tumbuh. Lagi-lagi Facebook masih menguasai login dari peranti mobile selama Q1 2012 dengan persentase 49%, disusul Google+ (25%), Twitter (14%), Yahoo! (9%), dan lainnya (4%).
Social Login & Sharing
Login sosial merupakan gerbang bagi para pengguna media sosial bisa berbagi informasi apapun ke publik. Tren berbagi di ranah media sosial juga masih dikuasai Facebook (51%) dibanding Twitter (39%), LinkedIn (2%), Yahoo! (2%), dan MySpace (1%).
Sumber artikel: SocialTimes

No comments:

Post a Comment