Search This Blog

Tuesday, May 22, 2012

Seberapa Efektif Media Sosial bagi ROI Bisnis?


ROI Mengukur return on investment (ROI) dari strategi media sosial bagi sebagian besar pemilik brand atau pemasar (marketer) cukup membikin frustasi. Di Inggris menurut Episerver.com hanya 10 persen para pengambil keputusan bisnis di Inggris yang memantau ROI mereka di Twitter dan Facebook. 
Data tersebut juga memberikan gambaran sebanyak 53 persen bisnis saat ini menggunakan media sosial. Sementara itu, 88 persen berharap terhadap keberhasilan media sosial sebagai salah satu kanal untuk mendatangkan keuntungan. Masalahnya banyak pemasar atau bisnis yang belum sepenuhnya paham terhadap manfaat media sosial untuk mendukung pemasaran produk mereka.
Bahkan hitung-hitungan ROI dari pemanfaatan media sosial pun masih menjadi perdebatan. Apakah investasi yang dikeluarkan untuk media sosial akan meningkatkan penjualan produk? Seberapa efektif kampanye produk media sosial dibanding jalur promo konvensional? 
Perdebatan mengenai pemasaran menggunakan media sosial terus berlanjut. Menurut studi dari Marketing Sherpa, sebanyak 64 persen pemilik brand/bisnis masih optimis social marketing akan menghasilkan keuntungan. Sebaliknya, 6 persen dari pemilik bisnis tidak mau menggunakan media sosial karena tidak yakin akan prospeknya bagi ROI bisnis mereka di masa depan. Infografik dari Pagemodo berikut akan memaparkan mengenai ukuran sebuah ROI dari media sosial.
ROI Media Sosial
Sumber gambar: www.avenuesocial.com

http://salingsilang.com/baca/seberapa-efektif-media-sosial-bagi-roi-bisnis

1 comment:

  1. Thank you for this helpful stuff I got at your site. The stuff here is really good and keep up sharing. I will bookmark this page now and will be back soon to get more.

    Facebook Developer

    ReplyDelete