Search This Blog

Tuesday, July 24, 2012

Kehidupan Remaja di Era Media Sosial


 90 persen remaja telah menggunakan media sosial secara aktif, hal tersebut terungkap dalam riset yang dilakukan oleh Common Sense Media. 
Lebih lanjut, Common Sense Media menyajikan infografik terkait aktivitas remaja di era media sosial. Infografik ini bersandar pada riset mereka tersebut, serta beberapa tambahan informasi yang juga tak kalah menarik.
Dalam infografik ini terungkap bahwa Facebook menjadi media sosial utama pilihan para remaja. 51 persen remaja mengaku bahwa mereka telah menjadikan aktivitas melihat situs media sosial –terkhusus Facebook— sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Aktivitas itu hanya kalah dengan rutinitas texting (sms dan instant messaging) yang mencapai persentase 68 persen.
75 persen dari remaja yang terlibat dalam riset ini menyatakan bahwa mereka mempunyai akun media sosial. Facebook menjadi yang terbaik dengan persentase pengguna sebanyak 68 persen, disusul oleh Twitter (6 persen), serta Google+  dan LinkedIn (1 persen). Penggunaan media sosial juga membantu para remaja untuk membangun hubungan baik dengan keluarga dan teman mereka, serta menumbuhkan rasa kepercayan diri.
Terungkap juga bahwa 41 persen Remaja menyatakan mereka telah kecanduan dengan telepon genggam, sebanyak 20 persen mengakui candu serupa terjadi pada media sosial. Meski demikian 36 persen dari para remaja tersebut sesekali berharap jika mereka bisa kembali di masa ketika media sosial –terkhusus Facebook— belum ada.
Temuan lainnya mengungkapkan bahwa aktivitas berbagi foto merupakan salah satu favorit para remaja, terutama remaja putri. Sebanyak 75 persen remaja putri menyukai saat mereka mem-publish foto, serta 42 persen remaja putra juga menyenangi hal tersebut. Berikut sajian lengkap infografik yang berjudul “Social Media, Social Life: How Teens View Their Digital Lives” tersebut:

http://salingsilang.com/baca/infografik-kehidupan-remaja-di-era-media-sosial

No comments:

Post a Comment