Search This Blog

Friday, July 6, 2012

Tweeps Indonesia Paling Doyan Berkicau se-Asia


Wanna tweet Menurut penelitian Mark Graham dari Oxford Internet Institute, Amerika Serikat merupakan produsen kicauan (tweets) terbesar di dunia, mencapai 30% dari keseluruhan kicauan yang terkumpul sejak 5-13 Maret 2012. Penelitian ini dipublikasikan 19 Juni 2012 yang lalu.
Penelitian ini mengacu pada kicauan yang mengaktifkan informasi lokasi di akunnya, sehingga mungkin masih banyak kicauan yang terlewat. Begitu pula banyak akun yang mengaktifkan lokasi tetapi tidak sesuai dengan domisilinya, sehingga bisa mempengaruhi kesahihan hasil penelitian ini.
Hasil penelitian yang dirilis dengan judul A Geography of Twitter ini diambil dari 20% sampel acak dari kicauan di seluruh dunia, dalam periode waktu tersebut.
Indonesia, tampak di peta hasil penelitian ini sebagai produsen kicauan terbesar di kawasan Asia dan Australia. Saingan terbesarnya adalah Malaysia. Inggris Raya menjadi yang terbanyak berkicau se Eropa, dan Brasil terbesar di kawasan Amerika Selatan. Amerika Serikat (AS), tampak mendominasi peta, menjadi yang terbanyak berkicau di kawasan Amerika Utara, sekaligus terbanyak di seluruh dunia.
A Geography of Twitter
A Geography of Twitter via Oxford Internet Institute
Jika diurutkan, penghasil kicauan di Twitter terbesar di dunia adalah: (1) Amerika Serikat, (2) Brasil, (3) Indonesia, (4) Inggris Raya, (5) Meksiko, dan (6) Malaysia. Data ini hampir sama dengan jumlah pengguna Twitter terbesar di dunia yang dirilis frogdesign.com secara real time. Dalam daftar tersebut, Indonesia berada di urutan ketiga di bawah Amerika Serikat, dan Brasil.
Di ulang tahunnya yang ke-enam Maret lalu, Twitter menyatakan ada sekitar 140 juta akun Twitter aktif dari seluruh dunia, dan menghasilkan 340 juta kicauan per harinya.
A world of tweet - frogdesign.com
*Gambar ilustrasi: dryicons.com

No comments:

Post a Comment