Search This Blog

Monday, October 17, 2011

Bali dan Qatar Dominasi Tren Twitter Sepekan

rahadian p. paramita 
tren sepekan Sepekan ini linimasa Twitter ramai oleh dua topik muram. Yang satu, bencana gempa yang menimpa Bali beberapa hari yang lalu. Satu lagi 'bencana' yang menimpa timnas sepakbola kita, karena peluangnya lolos ke Piala Dunia 2012 di Brasil hampir sirna setelah kalah untuk ketiga kalinya.

Topik lain soal Bali, sebenarnya juga sempat ramai karena ada gerakan memboikot Bali oleh facebooker Australia setelah anak berusia 14 tahun asal negara kangguru itu tertangkap di sana membawa ganja.

Gempa yang terjadi di Bali Kamis lalu (13/10/2011) turut mengguncang linimasa. Doa pun bergema melalui tagar #prayforbali, tapi komentar miring pun masih muncul. Dua akun yang 'tertangkap basah' di linimasa membuat twit kurang bijak, ramai-ramai mendapat kecaman tweeps. Salah satu artikel salingsilang.com tentang kasus ini juga turut mendapat kritik tweeps, karena keberagaman pendapat tweeps soal isu cyberbullying. Sempat terjadi diskusi mengenai kriteria cyberbullying dan menyandingkannya dengan kalimat "mereka bukan siapa-siapa" yang digunakan dalam artikel. Sebuah tulisan di blog Donny B.U. kemudian muncul sebagai respon terbuka atas artikel tersebut.

Jika kalimat yang dimaksud dianggap menyudutkan kedua tweeps, maka ini adalah pelajaran juga bagi kami, penulis di salingsilang.com agar berhati-hati memilih kalimat. Tidak ada maksud untuk turut mem-bully siapapun dalam laporan tersebut, melainkan hanya sekedar menjelaskan konteks. Terima kasih atas kritik dan saran yang telah disampakan secara terbuka.

Kembali ke soal topik tren pekan ini, kekalahan timnas sepakbola kita untuk ketiga kalinya di ajang Pra Piala Dunia Zona Asia 2012, memunculkan kata kunci 'Qatar' di linimasa. Dalam pertandingan yang diselenggarakan Selasa lalu (11/10/2011), kita kalah tipis 2-3 dari tim tamu, Qatar. Tweeps pun berkomentar di linimasa, dan pelatih timnas Indonesia asal Belanda, Wim Rijsbergen, menjadi sasaran lagi. Bulan lalu, ketika kalah dari Bahrain tweeps juga menyerukan nama Alfred Riedl, pelatih sebelumnya, untuk kembali menukangi timnas.

Sementara, topik lain di pekan ini yang menarik adalah masih bertenggernya Ayu Tingting, tagar #cowocewe yang diusung oleh akun @cowocewe, dan seputar 'makan siang'. Mati lampu atau pemadaman listrik yang masih terjadi juga jadi topik hangat di linimasa, dan mungkin akan terus muncul selama pemadaman masih terjadi.
Berikut adalah grafik topik tren pekan ini dari salingsilang.com:
grafik tren pekan kedua Oktober http://salingsilang.com/baca/bali-dan-qatar-dominasi-tren-twitter-sepekanTren Twitter Sepekan

No comments:

Post a Comment