Search This Blog

Thursday, October 13, 2011

Cara Honda Memanfaatkan Media Sosial

yusro m. santoso
Logo Honda
Salah satu brand otomitif yang  memanfaatkan media sosial adalah Honda. PT Honda Prospect Motor, pemegang brand mobil Honda di Indonesia, cukup jeli memanfaatkan tren media sosial sebagai kanal untuk mendapatkan umpan balik dari publik dan konsumen.

Selain menyiapkan situs korporat, Honda juga membuat situs User Generated Content: hondaisme.com untuk pemakai Honda. Di situs ini user bisa posting user experience, bisa juga berdiskusi dalam forum. Sayangnya situs ini tidak bersahabat dengan media sosial: tidak ada tomblol untuk menyebar konten ini di Facebook dan Twitter misalnya, juga media sosial lainnya.

Dua varian Honda memiliki fan page di Facebook, masing-masing Honda Jazz dan Honda Freed. Fans Honda Jazz berjumlah 32.181, sedang Honda Freed 29.425 orang. Merasa tak cukup dengan 2 fan page, Honda membuat juga Hondaisme, fan page untuk semua pengguna Honda.Halaman ini dimanfaatkan untuk mempublikasikan berbagai aktivitas Honda di berbagai kota. Namun jumlah fans-nya masih sedikit 4,532 orang.

Hondaisme, tampaknya akan dijadikan jangkar untuk aktivitas Honda di media sosial. Akun Twitter @hondaisme, juga eksis menyapa beberapa dari 3,019 followers-nya.
Apakah karena aktivitas Honda yang cukup gencar di media sosial, sehingga Honda CRV mendapat penghargaan #ICSA2011?  Entahlah. Yang pasti Indonesian Customer Satisfaction Award (ISCA), adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Frontier Consulting Group, sebuah perusahaan jasa konsultan pemasaran.

Frontier pula yang bersama dengan Majalah Marketing, bulan lalu menobatkan Honda Jazz sebagai Digital Marketing Sosial Media terbaik di ajang Digital Marketing Award 2011.
Ketika itu Honda Jazz memperoleh nilai tertinggi di kategori city car, setelah diukur dengan EMSS Index (Earned Media Share of Voice by Sentiment).

Pengukuran EMSS Index dilakukan dengan memonitor pembicaraan konsumen mengenai suatu brand di situs media sosial. Percakapan tersebut kemudian diukur dengan rumus presentase pembicaraan positif ditambah presentase pembicaraan netral lalu dikurangi presentase pembicaraan negatif. Berdasarkan perhitungan tersebut, Honda Jazz memperoleh angka sebesar 52.16 persen.
http://salingsilang.com/baca/cara-honda-memanfaatkan-media-sosial

No comments:

Post a Comment