Banyak
usaha kecil yang masih ragu untuk menggunakan media sosial dengan
alasan mereka belum benar-benar mengerti bagaimana layanan jejaring
sosial dapat membantu meningkatkan penjualan mereka.
Namun, baru-baru ini telah diadakan studi dengan hasil yang akan
membantu para pemilik usaha kecil agar berani memanfaatkan media sosial
sebagai sarana promosi.
Survei yang dilakukan oleh Constant Contact dan Chadwick Martin
Bailey di bulan Januari 2011 ini mengikutsertakan 1.491 konsumen berusia
18 tahun ke atas.
Pada umumnya, konsumen lebih sering online di Twitter daripada di Facebook atau yang lainnya. Sekitar 50% pengguna Twitter online lebih dari sekali per jam.
Twitter sendiri masih terbilang baru untuk sebagian konsumen, karena
setengah dari mereka baru mulai menggunakan Twitter kurang dari setahun
belakangan ini.
Meskipun demikian, 21% dari para konsumen ini mengaku menggunakan Twitter untuk mem-follow berbagai merk dan produk favorit mereka.
Pengguna berusia di bawah 35 tahun paling banyak mem-follow
berbagai merek yaitu sebesar 26%, mereka yang berusia 35 – 49 tahun
berjumlah 17%, sementara yang berusia lebih dari 50 tahun berjumlah
13%.
Menurut survei tersebut, apabila para pemilik usaha tersebut berhasil
mencuri perhatian para pengguna, biasanya para pengguna akan
memerhatikan merek tersebut selama beberapa waktu. Hanya 13% yang
mengatakan meng-unfollow suatu merek setelah mereka mem-follow merk tersebut.
84% dari responden juga mengatakan bahwa mereka membaca tweet dari merek yang mereka follow.
60% dari mereka juga mengaku merekomendasikan merek yang mereka follow kepada teman-temannya, dan separuh dari mereka juga tertarik untuk membeli produk dari merek yang mereka follow.
Berdasarkan hasil statistik di atas, sudah saatnya para pemilik usaha
baik yang sudah sukses maupun yang baru mulai merintis usahanya untuk
melirik dan memanfaatkan media sosial agar mendapatkan keuntungan yang
lebih besar.
(via All Twitter)
http://www.marketing.co.id/duniadigital/2011/10/26/media-sosial-sebagai-sarana-promosi/
No comments:
Post a Comment