Search This Blog

Tuesday, October 11, 2011

Media Sosial Meningkatkan Ancaman di Internet

rahadian p. paramita
 
Media sosial yang semakin populer dan diminati banyak sekali pengguna, tak ayal meningkatkan risiko keamanan berinternet. Tak jarang kita dengar berita tentang peretasan akun Facebook, atau akun Twitter. Yang belakangan terjadi, akun Twitter Ayu Tingting diretas orang, sehingga ia harus membuat akun baru.
Fenomena ini dirangkum dalam survei yang dilakukan Ponemon Institute Research, dan dimuat di situs www.websense.com Menurut survei yang dilakukan terhadap 4.000-an praktisi keamanan di internet (internet security) di Amerika Serikat dan sebelas negara lainnya, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap ancaman keamanan di internet karena keberadaan media sosial.

Beberapa temuan pentingnya menyebutkan, 63% dari responden tersebut menyatakan bahwa media sosial cukup berisiko, dan hanya 29 persen yang menyatakan memiliki kemampuan yang cukup untuk mengendalikan risiko tersebut. 73% dari responden juga mengidentifikasi jalur situs yang aman sangat penting untuk mengurangi resiko ancaman keamanan dari media sosial

Berikut adalah rangkuman temuan survei tersebut, yang ditampilkan dalam bentuk infografik:
Global Survey on Social Media Risks
*Gambar diambil dari websense.com (pdf)
http://salingsilang.com/baca/media-sosial-meningkatkan-ancaman-di-internet

No comments:

Post a Comment